Selasa, 11 Juni 2013

Tempat Disk "DataPrint"

Tempat Disk "DataPrint"


Bosen dengan tempat disk bulat atau kotak? Ini dia nih bagi kamu yang hobi ngoleksi film dalam bentuk disk. Disimpan di tempat disk "DataPrint" karya aku ini aja. Selain safe, bentuknya juga lucu, yaitu segienam dengan hiasan melingkar dari sulaman benang.  Tempat disk ini bisa diposisikan tidur, atau berdiri, dibawa kemana-mana juga bisa, dan yang jelas unik! =D

Pola/desain


Cara membuatnya:
  1. Siapkan kardus DataPrint, kertas cover bekas makalah (baru juga boleh), mika, benang wol, tas kain makanan bekas, doubletip, jarum, dan gunting.
  2. Cetak dan gunting polanya. Salin pada:
    • kardus DataPrint: 3 pola segienam, 7 pola persegi panjang, gunting.
    • kertas cover: 1 pola segienam, 7 pola persegi panjang, gunting.
    • mika: 2 pola segienam, 14 pola persegi panjang, gunting.
    • tas kain: 2 pola segienam, gunting (beri lebih di bagian luar pola 1 cm).
  3. Gabungkan 1 kertas cover segienam dan 1 mika, kemudian potong garis jari-jari (jari-jarinya saja ya, lingkaran diluarnya ga usah).
  4. Mulai anyam benang wol diantara garis jari-jari. Pertama anyam benang wol merah hingga 3 putaran, lanjutkan dengan anyam benang wol kuning 4 putaran. Lanjutkan dengan benang wol merah lagi 5 putaran, benang wol kuning 6 putaran, dan seterusnya dengan jumlah putaran bertambah satu persatu hingga seluruh garis jari-jari penuh.
  5. Ambil kertas dataPrint segienam, tutup satu sisinya dengan potongan tas kain, rapikan dan tempelkan dengan doubletip.
  6. Tangkupkan segienam yang telah ditutup kain, dengan segienam yang telah dianyam. Jahit sisi luarnya dengan tusuk feston (1 lubang untuk 2 kali tusuk). lakukan hal yang sama pada segienam polos satunya dan segienam yang telah dittutup kain.
  7. Gabungkan pola persegi panjang dengan susunan mika-kertascover-kardusDataPrint-mika, jahit tepinya dengan tusuk feston.
  8. Setelah semua bagian telah selesai dijahit tepinya, susun untuk mulai membuat tempat disknya. Untuk mekanisme buka tutupnya, perhatikan gambar.
  9. Terakhir tempelkan velcro.
Selesai deh... =D


Langkah-langkah pembuatan tempat disk DataPrint


Bagian luar dilapisi mika karena bahan dasar pembuatan tempat CD ini kertas. Selain agar tidak mudah rusak dan kotor, tentu saja untuk menambah nilai estetikanya dong. Bagian dalam dilapisi kain agar CDnya tidak rusak tergores-gores.




Penampakan depan dan belakang



Tuh kan sudah terbukti! Kertas kardus DataPrint yang biasanya kita anggap limbah dan langsung kita buang bisa menjadi benda yang cantik dan lebih berharga dengan sedikit usaha dan kreatifitas kita. =D

Selamat mencoba!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar