Kamis, 13 Juni 2013

Celengan Feed Me Money "DataPrint"

Siapa yang waktu kecil suka nabung???

Hhahaha.. Inget ga sih dulu waktu kecil kita suka dibelikan ortu celengan ayam-ayaman? Kita disuruh ngisi, terus kalo udah penuh dipecah deh.. Itu senengnya minta ampun..=D

Kenapa sih sebenernya kok kita disuruh nabung? Sampe dibeliin celengan yang lucu-lucu bentuknya biar semangat nabung..




Mengajarkan anak-anak untuk menabung itu sangat penting lho. kalo menurut saya pribadi, yang paling baik adalah mengajarkan mereka menabung dari menyisihkan uang jajan yang dimasukkan dalam celengan, entah itu 500 rupiah, 1000 rupiah, berapa pun. Ketika penuh, dengan didampangi ortu, kita memecahkan celengan tersebut, kemudian memanfaatkannya untuk membeli apa yang mereka inginkan.

Apa maksudnya hal tersebut? Menabung dalam celengan melatih mereka belajar mengelola uang mereka dalam skala kecil. Sedikit -sedikit mereka belajar dan ketika dewasa di saat mereka telah bisa menghasilkan uang sendiri, mereka mampu mengelola uangnya dan memanfaatkannya untuk suatu cita atau keinginan yang mereka idamkan.


Walaupun sudah besar seperti ini, ketika pengen membeli sesuatu saya masih suka menabung dalam celengan lho. Yang harus kita ingat adalah kita harus punya target, berapa uang yang ingin kita kumpulkan, dan waktu yang kita butuhkan. Misal saya ingin beli kado seharga 100 ribu, waktu saya 1 tahun, anggap saja 50 minggu, berarti tiap minggu harus menyisihkan 2 ribu rupiah. Kita harus rutin dan menepati apa yang sudah kita tentukan sendiri, harus konsekuen.

Dan saya mulai mengajarkan hal tersebut kepada adek saya. Uang jajannya selalu habis untuk beli mainan yang dijual di depan sekolahnya. Padahal katanya pengen punya hape. -______-
Mumpung masih kecil, ayuklah diajari menabung. Saya buatkan dia celengan yang berbentuk binatang. Kali ini saya membuat celengan bentuk ikan. Dia harus memberinya 'makan' tiap hari.. =D

Bahan-bahan membuat celengan


Saya membuat celengan ini dari kardus bekas DataPrint, kertas kado, mata kucing, lonceng doraemon, dan botol plastik bekas. Kertasnya saya bentuk tabung yang saya tutup dengan full lakban bening biar kuat. Kemudian saya lapisi dengan kertas kado agar rapi.


Bentuk tabung yang ditutup dengan lakban bening


  
 Dilapisi kertas kado agar rapi


Lubang celengannya berupa mulut si ikan, jadi nanti dia dikasih 'makan' dari situ. Matanya dari mata kucing, siripnya dari kertas bekas cover makalah, dan ekornya dari botol plastik bekas yang sudah dicat. Agar dapat berdiri tegak dan mampu menahan berat celengan, saya pasangin kaki-kakian penyangga dari lonceng doraemon. anak kecil kan suka yang rame berbunyi-bunyi gitu, hhehe.

detail celengan


Gimana? Lucu kan? Hayo sudah dikasih makan belum ikannya? Nanti pulang sekolah dikasih makan ya.. =D

Celengan Feed Me Money "DataPrint"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar